Tentang
Danone Indonesia

Danone Indonesia berkomitmen membangun masa depan yang lebih sehat dengan menciptakan gaya hidup, bumi dan juga ekosistem yang sehat

Danone merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia yang memiliki misi memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang. Danone beroperasi di 130 negara dengan jumlah karyawan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia. Di Indonesia, Danone terdiri atas dua kategori bisnis yang berfokus pada kesehatan masyarakat di setiap tahapan kehidupan yaitu, Danone Waters yang memproduksi Air Minum dalam Kemasan & Minuman non Karbonasi dengan produknya seperti AQUA, Mizone, VIT, VIT Levite dan Danone Specialized Nutrition dengan produknya seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Lactamil, Bebelac, Nutrilon Royal, dan nutrisi medis. Grup Danone di Indonesia memiliki 26 pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari 15.000 orang.

KATEGORI BISNIS
DANONE INDONESIA

WATERS

Sebagai bagian dari salah satu perusahaan air minum kemasan terbesar di dunia, Danone-AQUA berkomitmen untuk menyediakan air minum berkualitas tinggi untuk semua keluarga di Indonesia. Dengan menjunjung tinggi bisnis yang penuh tanggung jawab dan berkelanjutan, kami juga terus mempromosikan pelestarian air yang berkelanjutan di seluruh operasi kami dan berusaha untuk melindungi dan memulihkan ekosistem air alami yang melibatkan kolaborasi dengan masyarakat lokal dan pemangku kepentingan.

SPECIALIZED NUTRITION

Berawal dari sebuah kepedulian pada kesehatan dan kecukupan nutrisi nasional, yang menjadi dimulainya jalan panjang Danone Indonesia Specialized Nutrition dalam mengembangkan produk-produk nutrisi dan kaya protein bagi rakyat Indonesia hingga saat ini. Kekuatan pendorong di balik kesuksesan ini adalah dengan berinvestasi pada berbagai program riset dan pengembangan bersama dengan para pemangku kepentingan untuk mencetak portofolio produk unggulan berbasis sains yang memberikan solusi nutrisi yang optimal kepada semua orang terutama pada fase-fase penting dalam hidupnya.


NILAI-NILAI KAMI

HOPE: Humanism, Openness, Proximity, dan Enthusiasm

Ini bukanlah hanya sekadar slogan. Ini adalah pengingat tujuan kami dan apa yang kami perjuangkan, di atas dan di luar dari tujuan komersial kami. Keempat Nilai tersebut menjadi panduan kami dalam berperilaku setiap hari, cara bekerja, serta demi kemajuan dalam bisnis kami.

HUMANISM

Humanisme
Berbagi tanggung jawab,
menghormati orang lain

OPENNESS

Keterbukaan
Keingintahuan, Kegesitan,
Dialog

PROXIMITY

Kedekatan
Aksesibilitas, Keaslian,
Empati

ENTHUASIASM

Antusiasme
Keberanian, Semangat dan Hasrat akan Tantangan


PERJALANAN KAMI

Danone hadir di Indonesia melalui brand peninggalan kami yang lahir di Indonesia dengan tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap nutrisi kesehatan dan hidrasi yang diproduksi oleh orang Indonesia. Perjalanan rintisan kami dibangun dengan semangat dan ketekunan seiring dengan perjalanan Negara Indonesia. Kontribusi positif kami adalah untuk bersama-sama membangun dan membentuk masyarakat yang lebih sehat di Negara yang indah ini sehingga dapat terus tumbuh dan sejahtera.

2021
2020
2019
2018
2018
2018
2018
2017
2013
2012
2012
2011
2007
2006
2006
2005
2005
2003
1998
1993
1988
1983
1983
1973
1974
1965
1954

Komitmen Danone Indonesia untuk mendukung agenda Pemerintah dalam memerangi pandemi COVID-19 di Indonesia, dapat dilihat informasi lebih lanjutnya pada website: aqua.co.id, sarihusada.co.id, dan nutricia.co.id

Gerakan Indonesia Sehat diluncurkan bekerja sama dengan IPB untuk mengedukasi remaja tentang pentingnya gizi seimbang dan kesehatan reproduksi.

Danone Indonesia meluncurkan “Bersama Cegah Stunting” sebagai program terpadu untuk memerangi masalah stunting di Indonesia.

Pembentukan Kategori Specialized Nutrition dengan mengkonsolidasikan perusahaan Sarihusada, Nutricia dan Nutricia Medical Nutrition.

Danone-AQUA meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik sebagai bagian dari komitmen mendukung Visi Pemerintah Indonesia dalam mengelola masalah sampah plastik.

Danone-AQUA meraih Sertifikasi B-Corp sebagai perusahaan FMCG pertama di Indonesia yang mendapatkan prestasi bergengsi tersebut.

Program Aksi Cegah Stunting diluncurkan untuk mengatasi masalah stunting dengan meningkatkan sistem rujukan untuk anak gizi buruk dan penguatan peran Posyandu & Puskesmas.

Danone Indonesia dan IPB bekerja sama meluncurkan Program “Isi Piringku 4-6 Tahun” untuk memberikan pedoman gizi dan hidup sehat bagi anak usia 4-6 tahun.

Kemitraan bersama Danone-AQUA dan Organisasi water.org untuk meresmikan model pembiayaan mikro untuk mempercepat akses air bersih di Indonesia.

Proyek Merapi diluncurkan untuk membantu para peternak sapi lokal untuk menghasilkan produk susu yang lebih berkualitas.

SGM Bunda Presinutri diperkenalkan oleh Sarihusada untuk membantu para ibu memenuhi kebutuhan nutrisinya di 360 minggu pertama kehidupan anak.

Sarihusada meluncurkan Program Warung Anak Sehat untuk membantu meningkatkan gizi anak di Indonesia dan mengedukasi para ibu tentang kecukupan gizi.

Danone-AQUA memprakarsai program inisiatif untuk memberdayakan para pemulung sebagai perwujudan kepedulian di bidang sosial dan lingkungan.

Sarihusada bersama dengan Taman Pintar mendukung pendidikan dan gizi anak-anak di Yogyakarta dengan membangun PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai tempat belajar dan hiburan bagi anak-anak.

Pencetusan Program AQUA Lestari lahir sebagai payung inisiatif keberlanjutan Grup AQUA pada bidang sosial dan lingkungan.

Merek Mizone yang merupakan bagian dari AQUA diluncurkan sebagai minuman isotonik dengan 3 varian rasa unik, yaitu Lychee Lemon, Apple Guava, dan Orange Lime.

Peluncuran produk Nutrilon Royal yang merupakan bagian dari Nutricia diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Danone-AQUA secara resmi menyelenggarakan AQUA-Danone Nations Cup sebagai bagian dari kampanye gaya hidup sehat dan mendukung impian anak-anak Indonesia pada olahraga sepakbola.

Grup Danone dan Grup AQUA menjalin kemitraan strategis untuk mengukuhkan Danone Indonesia sebagai perusahaan penyedia kebutuhan hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Peluncuran Program AQUA Peduli yang merupakan bagian dari inovasi AQUA untuk menghadirkan program daur ulang sampah plastik pertama di Indonesia.

Produk dan merek Lactamil pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat luas sebagai susu untuk menunjang kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil.

AQUA memperkenalkan kemasan galon untuk dipergunakan konsumen secara berulang kali, yang sekarang membuat 70% bisnis AQUA sepenuhnya sirkular.

PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) didirikan untuk menyediakan produk berbasis penelitian untuk anak-anak.

Bapak Tirto Utomo mendirikan PT Golden Mississippi sebagai perintis pertama dari perusahaan air minum kemasan di Indonesia.

Peluncuran produk AQUA pertama dalam bentuk kemasan botol kaca berukuran 950 ml dari Pabrik di Bekasi.

NV Saridele berganti nama menjadi PT Sarihusada Generasi Mahardhika (sarihusada) dan sekaligus diperkenalkannya merek legendaris SGM yang hingga saat ini terus tumbuh dan mendukung kemajuan bangsa.

Tonggak awal perjalanan panjang dari Sarihusada yang berawal dari kelahiran NV Saridele sebagai program inisiatif Pemerintah Indonesia dan PBB guna menunjang kecukupan protein nasional.

SOROTAN PERUSAHAN

Sertifikasi B-Corp

Danone-AQUA menjadi Perusahaan FMCG Pertama di Indonesia yang menerima Sertifikat B-Corp dalam rangka memenuhi standar sosial, transparansi, akuntabilitas, dan lingkungan tertinggi

BUDAYA DAN KEBIJAKAN

Kami di Danone Indonesia menjunjung tinggi Keragaman Inklusif yang menjadi dorongan utama kami untuk mencapai kerangka aksi nyata kami yaitu One Planet. One Health yang berfokus pada tiga prioritas:

- Mempromosikan perilaku inklusif
- Kesetaraan gender
- Budaya dan kebangsaan

Vaksin Covid-19 / KOMITMEN DANONE INDONESIA TERHADAP PANDEMI COVID-19

Komitmen Danone Indonesia untuk mendukung upaya Pemerintah mengatasi pandemi COVID-19 dengan berdonasi senilai Rp 56 Miliar dalam bentuk produk, peralatan kesehatan, dan makanan & minuman sehat

PENGHARGAAN & PENCAPAIAN

Connie Ang, CEO Danone Indonesia, Masuk Daftar “The Most Extraordinary Women Business Leaders 2022”

Dari SWA Magazine

Gold Rating Laporan Keberlanjutan Danone-AQUA & Silver Rating Laporan Keberlanjutan Danone SN Indonesia 

Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 dari National Center for Sustainability Report

AQUA (@sehatAQUA) Memenangkan #OnlyOnTwitter 

#BestOfTweets 2021 Southeast Asia

6th Most Loved Indonesian Ramadan Ad 2021

Dari Kantar Indonesia

Best PR Team of The Year & Best Campaign FMCG

PR Awards 2022

1st Customer Service Champion Across Categories & In FMCG Category untuk Danone SN

Indonesia Customer Service Champions 2021 dari Majalah SWA

Gold Champion

PROPER Awards 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Gold Champion Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Bisnis Indonesia Social Responsibility Award, 2021

Juara Umum PR Indonesia Award 2021 Kategori Perusahaan Swasta

PRIA Awards, 2021

Corcomm Excellent Team

Corcomm Dream Team dari Majalah MIX MarComm

Best Company to Work For In Asia & Most Caring Company

HR Asia Awards 2021

4 Penghargaan Bergengsi

FMCG Asia Awards 2021

Pengakuan Kontribusi dalam Memerangi COVID-19

Kementerian Kesehatan, 2020

Gold Champion untuk Danone-AQUA

Indonesia WOW Brand 2020

PROPER Awards 2020

Gold Champion PROPER Awards Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2020

AQUA – Juara Emas untuk Air Minum Dalam Kemasan

Yougov Best Brand Indonesia, 2020

Penghargaan Kinerja Pengurangan Limbah

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2020

Brand of Choice Era Pandemic

Majalah SWA, 2020

Sertifikasi B-Corp

Sertifikasi B-Corp Organisasi Nonprofit B-Lab, 2018