Cerita
Kami
5 Mei 2025
Danone Indonesia dianugerahi tiga penghargaan Platinum dan satu penghargaan Emas dalam WSO Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2025
5 Mei 2025
Jakarta, 5 Juli 2022 – “Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan fase yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak dan dapat menjadi penentu perkembangan kecerdasan secara jangka panjang. Untuk itu, keterlibatan dan peran orang tua dalam pola pengasuhan menjadi hal yang krusial. International Labour Organization (ILO) memperkirakan bahwa lebih dari 800 juta perempuan kekurangan jaminan ekonomi seputar persalinan dengan efek buruk pada kesehatan, gizi dan kesejahteraan ibu dan anak-anak mereka. [https://www.who.int/data/nutrition/nlis/info/maternity-protection-compliance-with-international-labour-standards] Hal ini menunjukan tantangan yang dihadapi bagi para orang tua yang bekerja yang memiliki anak khususnya dalam fase emas yakni periode 1000 HPK. Penelitian menyatakan bahwa hubungan positif ditunjukkan antara lama cuti hamil dengan kesehatan mental ibu selama periode menyusui. Cuti hamil yang diperpanjang juga dikaitkan dengan tingkat kematian perinatal, neonatal dan post-neonatal yang lebih rendah serta kematian anak yang lebih rendah[ Staehelin, K., Bertea, P.C. & Stutz, E.Z. Length of maternity leave and health of mother and child “ a review. Int J Public Health 52, 202-209 (2007)] Disisi lain, pemberian cuti bagi ayah memberi dampak khususnya pada keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak dan menciptakan hubungan baik antar ayah dan anak di masa depan. Arif Mujahidin – Corporate Communications Director Indonesia menjelaskan “Sebagai perusahaan ramah keluarga, Danone Indonesia sangat memahami bahwa karyawan memiliki hak untuk bekerja, berkeluarga dan memiliki kehidupan yang layak. Sejalan dengan misi perusahaan dalam hal membawa kesehatan ke sebanyak mungkin orang, untuk itu kami berupaya menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan supportif termasuk dalam hal memberikan dukungan pada orang tua untuk memastikan tumbuh kembang anak optimal. Seperti halnya dalam kebijakan kami yang sudah kami luncurkan sejak Agustus 2016 dengan memberikan cuti melahirkan 6 bulan bagi karyawan perempuan dan cuti 10 hari bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Melalui kebijakan ini, kami ingin memberikan orang tua waktu yang lebih untuk agar bisa memiliki ikatan bonding yang kuat dengan anak.” Selain dalam hal kebijakan cuti melahirkan, Danone Indonesia memiliki fokus dalam hal pemenuhan hak perempuan dalam aktivitas bisnisnya yang diwujudkan dalam inisiatif perusahaan ramah keluarga. Beberapa inisiatifnya yakni menerapkan waktu kerja yang fleksibel, mendukung pemberian ASI eksklusif di tempat kerja dengan menyediakan ruang laktasi yang sesuai dengan standar, pemberian asuransi kesehatan hingga dukungan ibu menyusui melalui buddy sistem antarkaryawan. Lebih jauh lagi, Danone Indonesia juga memberikan edukasi nutrisi dan kesehatan secara rutin oleh expert kepada karyawan dan Employee Assistance Program (EAP) yaitu layanan konsultasi khusus secara virtual dengan psikolog untuk membantu karyawan terkait masalah kesehatan mental. Berbagai inisiatif tersebut dihadirkan sebagai bentuk upaya pembentkukan lingkungan kerja yang aman dan sehat agar membantu pekerja dalam meningkatkan produktifitas dalam melaksanakan bekerja. Pekerjaan yang layak dan kondisi kerja yang aman adalah dasar bagi kesehatan dan juga merupakan inti dari target Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yang menyerukan pencapai pekerjaan penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua perempuan dan laki-laki. Maya Juwita – Executive Director of Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) menambahkan “IBCWE mendukung inisiatif mandiri dari perusahaan-perusahaan anggota kami untuk memperpanjang cuti melahirkan bagi karyawan perempuan yang merupakan bentuk dukungan terhadap pemenuhan hak reproduksi.” “Sebagai perusahaan yang telah menerapkan kebijakan dan […]
30 April 2025
Selama kurang lebih 20 tahun hadir di tengah masyarakat, Mizone terus memperkuat komitmennya dalam mendukung gaya hidup aktif masyarakat, kali ini melalui inovasi terbaru Mizone COCOBOOST
28 April 2025
Sehubungan dengan konflik kemanusiaan yang terus berlangsung dan berdampak pada masyarakat sipil di Palestina, Danone Indonesia menyampaikan duka cita mendalam atas tragedi yang berkepanjangan ini. Sejalan dengan sikap dan komitmen Pemerintah Indonesia, Danone menentang segala bentuk agresi, termasuk agresi Israel di Palestina, serta mendukung upaya konsisten Pemerintah Indonesia dalam memperjuangkan hak-hak korban di Palestina. Danone memulai operasinya di Indonesia pada tahun 1998 melalui aliansi strategis dengan perusahaan yang memiliki merek AQUA – merek air minum dalam kemasan yang diluncurkan pada tahun 1973. Kemitraan ini memperkuat posisi pasar AQUA dan menjadikannya produsen air mineral terbesar di Indonesia. Selain bisnis air minum dalam kemasan, Danone di Indonesia juga memiliki lini bisnis nutrisi khusus yang dikenal sebagai Danone Specialized Nutrition, yang mencakup produk seperti SGM Eksplor, SGM Bunda, Bebelac, Nutrilon Royal, dan nutrisi medis. SGM telah menjadi bagian dari Danone sejak tahun 2007 ketika Danone mengakuisisi PT Sarihusada. Saat ini, Danone mengoperasikan 24 pabrik di seluruh Indonesia dan didukung oleh sekitar 11.500 karyawan. Di luar Indonesia, Danone beroperasi di sekitar 50 negara dan memasarkan produk makanan dan air di lebih dari 120 negara, terutama melalui distributor regional, termasuk di banyak negara di Timur Tengah. Namun, Danone secara global tidak memiliki kantor atau pabrik di Israel dan tidak mendukung segala bentuk agresi. Dalam hal ini, kami ingin menegaskan bahwa Danone tidak memiliki hubungan atau afiliasi dengan pemerintah Israel. Danone, sebagai pemilik berbagai merek di Indonesia, tidak termasuk dalam daftar perusahaan yang dianggap mendukung pendudukan Israel menurut data yang dirilis oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR). Danone menyesalkan adanya informasi yang keliru yang menyatakan sebaliknya dan menegaskan bahwa disinformasi tersebut tidak sejalan dengan nilai-nilai kami. Sebagai wujud nyata dukungan kemanusiaan kami, Danone di Indonesia telah secara aktif memberikan bantuan kemanusiaan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Kedutaan Besar Palestina, LAZISNU, LazisMU, Baznas, dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, untuk membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina. Bahkan pada akhir Ramadan 2025, Danone, bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) di Yordania, terus menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Palestina di beberapa kamp di perbatasan Yordania-Palestina, sebagai bentuk solidaritas kepada mereka yang terdampak langsung oleh konflik. Danone beroperasi di lebih dari 120 negara, termasuk banyak negara di Timur Tengah, dan bekerja sama dengan perusahaan lokal untuk memajukan inovasi pangan berkelanjutan. Namun, Danone secara global tidak memiliki kantor atau pabrik di Israel dan tidak mendukung segala bentuk agresi. Kami berkomitmen untuk terus hadir di setiap momen penting keluarga Indonesia melalui produk air minum dan nutrisi yang sehat dan berkualitas, sambil memberikan dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan kemanusiaan. Komitmen global Danone terhadap hak asasi manusia tercermin dalam Kebijakan Hak Asasi Manusia kami yang komprehensif, yang berfokus pada pembelaan martabat manusia. Tindakan dan kebijakan kami secara konsisten memprioritaskan perlindungan hak asasi manusia. Pertanyaan & Jawaban Q: Apakah benar bahwa produk-produk Danone memiliki keterkaitan dengan Israel?A: Kami ingin mengingatkan bahwa Danone tidak memiliki hubungan atau keterkaitan apapun dengan pemerintah Israel. Danone sebagai pemilik brand AQUA dan SGM, tidak termasuk dalam daftar perusahaan yang dianggap mendukung pendudukan […]