Inisiatif

Kunci Pembangunan Berkelanjutan, Danone Indonesia Berikan Kebijakan dan Fasilitas Ramah Keluarga untuk Dukung Perempuan Indonesia

17 Maret 2022
danone dukung perempuan indonesia dengan kebijakan dan fasilitas ramah keluarga

Pemenuhan hak perempuan merupakan hal penting karena sebagai kunci pembangunan berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, serta perdamaian dan keamanan. Dari Data Sensus Penduduk 2021 menunjukkan dari total penduduk Indonesia, sekitar 49,5%-nya adalah perempuan, sementara 32%-nya adalah anak-anak.

Kenyataannya, masih banyak kelompok perempuan dan anak yang masuk dalam kelompok rentan. Oleh karena itu, isu perempuan dan anak menjadi isu yang kompleks. Terlebih lagi, situasi pandemi COVID-19 mengharuskan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru yang juga meningkatkan kerentanan pada perempuan dan anak. Untuk itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak melalui adaptasi layanan untuk memastikan terjaganya kesejahteraan dan terpenuhinya hak-hak mereka.

Melihat pentingnya hak perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, Danone Indonesia tentu turut menaruh perhatian yang sama dalam berikan dukungan pada pemenuhan hak perempuan. Dukungan ini sejalan dengan komitmen dan inisiatif yang dimiliki oleh Danone baik untuk karyawan dan juga para ibu di Indonesia secara luas.

Dalam lingkungan internal, Danone Indonesia menjadi salah satu pionir perusahaan yang memberikan cuti melahirkan berbayar selama 6 bulan untuk ibu dan 10 hari untuk ayah, jam kerja yang fleksibel, pemantauan status gizi anak karyawan di 1000 Hari Pertama Kehidupan, ruang laktasi di tempat kerja, serta asuransi kesehatan. Di tahun ini Danone Indonesia juga telah memulai inisiatif baru melalui program pendampingan karyawan perempuan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Program ini bertujuan dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan menyusui dan meningkatkan rasa percaya diri kepada karyawan perempuan sebagai seorang ibu.

Tidak hanya itu, dalam lingkungan eksternal, Danone Indonesia juga memiliki inisiatif-inisiatif terkait kegiatan edukasi dan pemberdayaan masyarakat dalam menyiapkan Generasi Maju khususnya kepada para ibu di seluruh Indonesia tentang pentingnya gizi dan lingkungan yang sehat. Kegiatannya antara lain Bicara Gizi, Isi Piringku, Warung Anak Sehat, Rumah Bunda Sehat, Rumah Tempe, Aqua Home Service, dan Recycle Bisnis Unit (RBU).

Untuk jangkau masyarakat yang lebih luas, Danone dalam kategori bisnis Danone Specialized Nutrition Indonesia juga membuka akses terhadap kesehatan ibu dan anak. Danone Specialized Nutrition Indonesia turut menyediakan layanan Careline yang siap menjadi partner ibu 24 jam untuk berkonsultasi. Terdapat 62 careliners yang terdiri dari para profesional, diantaranya kebidanan, keperawatan, nutrisionis, tumbuh kembang prasekolah dan ilmu kesehatan lainnya yang disiagakan untuk melayani konsultasi maupun mendengar keluh kesah para ibu dalam memastikan tumbuh kembang anak optimal dari awal kehidupannya.

Komitmen dan inisiatif ini merupakan kontribusi Danone Indonesia sebagai perusahaan yang ramah keluarga, karena Danone percaya bahwa tempat kerja yang ramah keluarga akan berdampak baik untuk keluarga, bisnis, masyarakat, dan ekonomi. Kedepannya, Danone Indonesia akan terus memperkuat komitmen ini baik secara internal maupun eksternal dalam berbagai upaya termasuk kolaborasi multipihak dengan para stakeholders.