Inisiatif

4 Cara Danone Indonesia Cegah Penurunan Jumlah Peternak dan Sapi Perah

28 Maret 2023

Dalam jangka waktu 10 tahun terakhir, jumlah sapi perah yang menghasilkan susu mengalami peningkatan sebesar 2,4%. Peningkatan konsumsi susu warga juga mengalami peningkatan. Data susu nasional (susenas) memperlihatkan bahwa dari tahun 2009-2018 terjadi peningkatan konsumsi susu murni sebesar 0,17 liter/kapita/tahun. Pertumbuhan populasi sapi perah di Jawa periode 2010 – 2020 mengalami peningkatan sebesar 2,52% per tahun sementara luar Pulau Jawa sebesar 3,91% per tahun.  Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki 141,19 ekor sapi atau menyumbang 25,80% dari total sapi di Indonesia.

Kebiasan minum susu sapi perah di Indonesia masih di bawah angka konsumsi per kapita negara ASEAN lainnya yaitu 20 liter per kapita per tahun sementara Indonesia baru mencapai 11 liter per kapita per tahun, persoalan lain usia peternak sapi saat ini rerata berusia 50 tahun ke atas sehingga kalau tidak segera diregenerasi maka jumlah peternak akan menurun dan produksi sapi perah menurun.

Pemerintah menggandeng pihak swasta untuk terus mencegah penurunan jumlah peternak dan sapi perah. Danone Indonesia sejak tahun 1990-an telah melaksanakan Program Pendampingan Peternak Susu dengan tujuan  memastikan adanya regenerasi peternak dan melindungi ternak sapi dari penyakit menular yang sempat heboh saat pandemi kemarin.

Lantas apa saja upaya yang Danone Indonesia lakukan? Sahabat Danone intip yuk 3 cara Danone Indonesia cegah penurunan jumlah peternak dan sapi perah:

  1. Regenerasi Peternak, ternyata sejak tahun 2021, PT Sarihusada Generasi Mahardhika telah menggandeng Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP). Program ini nyatanya mampu melahirkan peternak muda dan bisa melanjutkan peternakan skala rumah tangga dan bisnis berbasis susu. Wah keren ya Sahabat? Kalau semakin banyak anak muda yang menjadi peternak, pasti kita akan memiliki daya saing tinggi!
  2. Mendorong tumbuhnya petani perempuan
  3. Vaksinasi LSD Pada Ternak Sapi. Kegiatan ini dilakukan bulan lalu, bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh pada ternak sapi perah sehingga memperkecil dampak kesehatan hewan ternak dan pastinya mendorong ekonomi bagi peternakan rakyat. Vaksinasi LSD dilakukan kepada kurang leabih 1.500 sapi perah milik 317 peternak sapi di Yogyakarta.
  4. Festival “Olahan Makanan dan Minuman Berbahan Susu Sapi”, tema yang diusung adalah susu sapi sebagai penyumbang nutrisi generasi bangsa. Peserta diberi edukasi dalam sebuah seminar dan diakhiri dengan komitmen bersama Gerakan Minum Susu.

Meski konsumsi susu sapi kita masih rendah namun kebutuhan di pasar terus meningkat dan hal ini belum sejalan dengan ketersedian peternak dan produksi susu berkualitas. Danone Indonesia melalui Sarihusada melakukan program Peningkatan Mutu Susu. Hal ini dilakukan dengan membantu penerapan pemeberian pakan berkualitas, meningkatkan pengetahuan peternak, dan memberikan bantuan sarana prasarana.

Nah Sahabat Danone, yuk konsumsi susu untuk menyehatkan bangsa!