Stories

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2023, Danone Indonesia dan Veolia Indonesia Sambut Tim Jelajah Bersih Negeri

13 Maret 2023

Sejarah Hari Peduli Sampah Nasional

Tahukah Sahabat Danone bahwa setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)? HPSN merupakan pengingat bagi kita bahwa tumpukan sampah yang tidak terkelola bisa membawa bencana. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menjadikan peristiwa duka longsor di TPA Leuwigajah Cimahi pada 21 Februari 2005 yang menewaskan 157 jiwa dan menghilangkan dua kampung dari peta karena ledakan metana pada tumpukan sampah. Peristiwa ini dijadikan momentum untuk mengingatkan kita bagaimana tumpukan sampah bisa membahayakan kita bila tidak dikelola dengan tepat. Sejak peristiwa tersebut sampai hari ini setiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai HPSN.

Kampanye Jelajah Bersih Negeri

Tema HPSN Tahun 2023 adalah “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat” , pemerintah menggandeng pihak swasta untuk bisa mewujudkan pengelolaan sampah menuju Net Zero Emission 2050. Salah satu rangkaian HPSN 2023 adalah Kampanye Jelajah Bersih Negeri. Tim Pesepeda Jelajah Bersih Negeri  bersepeda dari Bali pada tanggal 8 Februari menuju garis akhir Jakarta pada 19 Februari lalu. .

Tim Pesepeda Jelajah Bersih Negeri akan mampir ke lokasi terpilih di sepanjang jalur yang dilintasi  untuk mendokumentasikan berbagai inisiatif pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, swasta serta Lembaga  Swadaya Masyarakat (LSM). Diharapkan kampanye ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam mengelola sampah yang lebih baik lagi.

Tim Kampanye Jelajah Bersih Negeri Berkunjung Ke Pabrik Daur Ulang Plastik Veolia Indonesia

PT Veolia Services Indonesia merupakan salah satu lokasi pengelolaan sampah yang terpilih untuk dikunjungi oleh Tim Pesepeda Jelajah Bersih Negeri, sebagai informasi untuk para Sahabat Danone, Veolia Indonesia membangun pabrik daur ulang botol plastik Polyethelene Terephatlate (PET) terbesar di Indonesia yang menyediakan bahan baku untuk pembuatan botol produk AQUA dan di mana Danone-AQUA adalah konsumen terbesarnya. Berlokasi di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER) Pasuruan – Jawa Timur, pabrik ini memiliki kapasitas pengolahan sampah plastik PET (rPET) sebesar 25.000 ton per tahun.

Sejalan dengan Danone-AQUA sebagai pioneer ekonomi sirkular Danone-AQUA terus menjalankan Gerakan #BijakBerplastik dengan melakukan pengumpulan sampah plastik, edukasi kepada masyarakat dan terus berinovasi menciptakan kemasan 100% bisa digunakan kembali, bisa didaur ulang  dan bisa dijadikan kompos.

10 Februari kemarin Danone Indonesia dan Veolia Services Indonesia menyambut Tim Jelajah Bersih Negeri KLHK, dalam kunjungan ini Jeffri Ricardo selaku Senior Packaging Circularity  Manager Danone Indonesia, turut menyambut kedatangan Tim Kampanye Jelajah Bersih Negeri. Beliau berharap kampanye itu dapat memberikan awareness lebih luas lagi terhadap infrastruktur daur ulang. Sementara itu, Ibu Yulia Suryanti Selaku Direktur Pengelolaan B3 KLHK mengatakan bahwa kolaborasi dengan swasta antara Veolia Indonesia dan Danone-AQUA dalam rangka HPSN 2023 memiliki posisi strategis dan penting mencapai visi zero waste dan zero emissions.

Kerja sama Danone-AQUA dengan Veolia Indonesia adalah bukti nyata penerapan ekonomi sirkular, kemasan bekas platik PET yang dikumpulkan dari berbagai tempat bisa didaur ulang kembali menjadi bahan baku material kemasan baru AQUA.